Wednesday, October 20SATULAMAHOLOT.COM

Melalui Website, Desa Adobala Menjangkau Dunia

Homepage website resmi Desa Adobala (Foto: Screen Capture)

Jika Anda amati di beberapa grup media sosial yang beridentitas Flores Timur, maka Anda akan menemukan sejumlah postingan link dari sebuah website berbasis desa. Sebuah inovasi desa di era digital yang patut dicontoh oleh desa-desa lain di Flores Timur, bahkan lebih luas lagi di NTT.

JAKARTA – Adalah akun Asis Francis yang dalam beberapa pekan belakangan ini senantiasa hadir dengan link-link unik di laman sejumlah grup diskusi Flores Timur. Dasarnya grup-grup ini cenderungnya ramai dengan diskusi-diskusi politik atau sesuatu yang sexy untuk dikomentari, maka bisa dipastikan postingan link-link ini pun sepi dari komentar.

SatuLamaholot.com mencoba masuk kedalam website yang beralamat di adobaladesa.id itu. Rupanya itu adalah website resmi Pemerintahan Desa Adobala, Kecamatan Klubagolit, Flores Timur.

Menarik, sekalipun dengan tampilan yang sederhana, kedatangan pengunjung melalui homepage akan langsung disambut dengan sapaan, Selamat Datang, Website Resmi Desa Adobala, plus logo Kabupaten Flores Timur di bawahnya. Scroll kebawah lagi, masih di dalam laman/fitur beranda, Anda akan menemukan fitur Profil, Lembaga, Potensi dan Fasilitas.

Turun lagi, Anda akan menjumpai fitur pelayanan umum yang terdiri dari 12 dokumen atau surat keterangan yang jika diklik maka akan terkoneksi dengan googledrive yang berisikan format blanko dokumen-dokumen tersebut.

Pada fitur profil, Lembaga, Potensi, Fasilitas plus dua ekstra fitur lain yakni Informasi dan Pojok Wara Sabon, Anda akan menemukan banyak kanal. Namun yang unik adalah Pojok Wara Sabon. Asal tahu saja, Wara Sabon adalah doktor Ilmu Matematika di Undana Kupang yang bernama lengkap, Dr. Wara Sabon Dominikus, M.Sc. Di pojok ini, Anda bisa mengunduh materi orasi ilmiah sang doktor dengan judul: Literasi Matematika Dalam Budaya: Menuju Pembelajaran Berbasis Budaya, Gerakan Literasi Koperasi Cegah Rentenir dan sebuah tulisan dalam Journal of Mathematics and Culture berjudul Ethnomathematical Ideas in The Weaving Practice of Adonara Society.

Pada fitur Informasi, sang admin berusaha menghadirkan informasi aktual dari desa ini untuk masyarakatnya, juga untuk para diaspora tentang hal-hal yang terjadi di desa itu. Tercatat pada 13 Oktober 2019 saja, ada 6 artikel yang sudah diposting di fitur ini.

Pilihan menggunakan top level domain .id mungkin sudah dilakukan namun barangkali akan menjadi lebih tepat jika desa ini menggunakan domain adobala.go.id atau adobaladesa.go.id atau juga desadobala.go.id. (SL/02)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *