Tuesday, December 7SATULAMAHOLOT.COM

141 ABK Lambelu, 42 Tes Swab, 26 Positif 16 Negatif

Otoritas Pemerintahan Propinsi Sulawesi Selatan mengatakan, 26 ABK Lambelu ini memberikan kontribusi signifikan pada penambahan kasus positif Covid 19 di propinsi itu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel, Ichsan Mustari (Foto: Kabarmakassar.com)

MAKASSAR – Tim gabungan dari Dinas Kesehatan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar, hari ini akan kembali mendatangi KM Lambelu yang berlabuh di dekat Pelabuhan Makassar, untuk melakukan tes swab kepada 99 awak (ABK) kapal tersebut yang belum dilakukan pada pemeriksaan sebelumnya.

“Di kapal itu, masih ada 99 ABK-nya yang belum diperiksa swab. Besok (hari ini) rencananya tim dari Dinkes Provinsi Sulsel, Dinkes Kota Makassar dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) akan melakukan pemeriksaan swab kepada 99 orang ABK itu,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulsel, dr. Muhammad Ichsan Mustari, Minggu, (12/4) malam..

Menurut Ichsan, di atas kapal tersebut ada sebanyak 141 ABK. Dari jumlah tersebut, 42 diantaranya sudah dilakukan tes swab. Hasilnya, 26 positif dan 16 negatif.

Baca juga: Hasil Rapid Test, 3 ABK KM Lambelu Positif Covid 19

“Yang positif ini kategori orang tanpa gejala (OTG). Nah yang 99 sisanya itu yang akan di tes swab besok (hari ini),” jelasnya.

Ichsan menjelaskan, posisi KM Lambelu tidak sandar di Pelabuhan Makassar. Kapal tersebut hanya didekatkan ke pelabuhan, dan hanya diperbolehkan sandar jika ada keperluan mendesak. Seperti pengisian air bersih dan hal penting lainnya.

Lebih jauh Ichsan mengatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan stake holder terkait termasuk Kantor Otoritas Pelabuhan dan PT Pelni, diputuskan bahwa semua ABK KM Lambelu (baik positif maupun negatif Covid-19) akan tetap berada di atas kapal untuk menjalani isolasi selama 14 hari.

“Jadi semuanya diisolasi 14 hari di atas kapal, terhitung mulai hari ini. Makanan mereka akan di drop dari darat, akrena SOP atau protokol kesehatan yang ada memang seperti itu, tidak diperbolehkan ada aktivitas masak-memasak untuk menghindari penularan,” terangnya. (Marlo KR)

Sumber: https://kabar24.bisnis.com/read/20200413/15/1225990/26-abk-positif-corona-km-lambelu-diisolasi-di-zona-karantina-pelabuhan-makassar , https://www.kabarmakassar.com/diisolasi-14-hari-99-abk-km-lambelu-uji-swab-hari-ini/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *