Tuesday, December 7SATULAMAHOLOT.COM

PMKRI: Dampak Corona, TKI Butuh Perhatian Khusus Pemerintah

Pemerintah diminta untuk memberikan perhatian khusus bagi para tenaga kerja Indonesia yang terkena dampak Covid 19. Mereka berjuang untuk ekonomi keluarga menjadi tenaga kerja di luar negeri namun kini kesulitan karena wabah ini

Pelantikan PP PMKRI Sanctus Thomas Aquinas 2020-2022 (Foto: Dok. PMKRI)

JAKARTA – Pernyataan Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia disampaikan dalam acara pelantikan PP PMKRI-Sanctus Thomas Aquinas Periode 2020-2022 dilaksanakan Sabtu, 25 April 2020), di Margasiswa 1 Menteng Jakarta Pusat.

Acara Pelantikan dilaksanakan menurut tata cara organisasi dengan memperhatikan Protokol Kesehatan dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sesuai anjuran pemerintah. Pelantikan ini mengukuhkan pengurus baru PP PMKRI yang dipimpin oleh Benidiktus Papa menggantikan Juventus Prima Yoris Kago (Ketua PP PMKRI Periode 2018-2020).

Pelantikan Pengurus Pusat PMKRI Sanctus Thomas Aquinas periode 2020-2022 yang dalam situasi darurat dan terbatas ini dilakukan secara live streaming.

Dalam pidatonya, Ketua Presidium terlantik Benidiktus Papa memberikan perhatian khusus pada penanganan dampak pandemi covid-19, termasuk penanganan dampak-dampak sosial ekonominya.

“Kita mengharapkan kebijakan-kebijakan Pemerintah dalam mengatasi pandemi ini lebih terukur dan tepat sasaran. Penerapan PSBB harus lebih tegas. Sosialisasi Social distancing lebih dimasifkan sampai tataran bawah. pembagian sembako harus tepat sasaran agar bisa masyarakat yang terdampak bisa menerima manfaat.”

Lebih lanjut satu yang mendapat catatan khusus adalah dampak ekonomi yang sedang dialami oleh TKI di luar negeri.

Beni sapaan akrabnya meminta Pemerintah memberikan perhatian khusus pada mereka yang berjuang untuk ekonomi keluarga dengan cara menjadi tenaga kerja di luar negeri, yang sekarang mengalami kesulitan hidup karena pekerjaan dan penghasilan mereka terganggu seiring guncangan ekonomi di negara perantauan.

“Kami meminta ada perhatian khusus pemerintah untuk mengatasi dampak ekonomi yang sedang mereka alami,” kata Beni Papa dalam pidatonya.

Beni juga meminta anggota PMKRI dan seluruh masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah untuk menggunakan alat pelindung diri, serta menerapkan sosial distancing dan physical distancing demi keselamatan diri sendiri dan orang-orang disekitar.

“Pandemi Covid-19 juga menantang kita untuk menemukan kreativitas untuk memberikan sumbangsih terbaik kita bagi bangsa dan negara,” demikian Beni dalam pidatonya yang berjudul Bangkit dan Berdaya untuk Negeri yang dilakukan dalam sidang terbatas, tapi disiarkan secara luas melalui teknologi livestreaming.

Adapun yang hadir dalam acara pelantikan acara tersebut adalah Dr. Paulus Januar sebagai anggota penyatu PMKRI, Dr. Roy Rening, Romo Paulus Christian Siswantoko sebagai perwakilan dari Konferensi Wali Gereja Indonesia serta para Pengurus yang dilantik pada hari ini.

Acara tersebut turut disaksikan oleh seluruh anggota PMKRI di Indonesia yang disiarkan live streaming. (*Marlo KR/RLS)

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *