Wednesday, October 20SATULAMAHOLOT.COM

Pengungsi di Rumah dan Kebun, Bersyukur Mendapat Bantuan dari Mekeng

Penyerahan Bantuan Erpusi Ile Lewotolok dari Relawan Mekeng ke warga (Foto YW)

Anggota DPR RI dari Partai Golkar, Melki Mekeng telah menyumbang sekira 1.200 paket langsung ke rumah penduduk korban erupsi Gedung Ile Lewotolok Lembata.

Kamis, 3 Desember 2020 adalah hari keempat, mayoritas warga di 2 kecamatan di Ile Ape, Kabupaten Lembata, NTT itu meninggalkan kampung mereka. Warga tersebar di sejumlah titik konsentrasi pengungsian seperti Posko Utama Pemkab Lembata, rumah-rumah warga di Kota Lewoleba dan sekitarnya, serta di tenda-tenda darurat yang dibangun di ladang mereka. Kehidupan mereka selama mengungsi, bersandar dari bantuan yang datang dari orang-oran baik yang peduli terhadap kondisi mereka.

Dari sekian banyak pihak baik dari dalam wilayah Lembata maupun dari luar yang hadir membantu warga korban, adalah Melchias Markus Mekeng, Anggota DPR RI dari Partai Golkar untuk Daerah Pemilihan NTT 1. Pria yang akrab disapa Melki Mekeng ini hadir melalui simpul Relawan Mekeng Lembata yang dipimpin oleh Yongki Warat.

Bantuan dari Mekeng ini sudah didistribusikan sejak Selasa, 1 Desember silam dan akan terus dijalankan hingga selesai. Diperkirakan relawan akan merampungkan pendistribusian bantuan ini hingga Sabtu, 5 Desember. Menurut Yongki, dari 3.327 jiwa yang terdaftar sebagai penerima bantuan, sudah ada sekira 1.100 jiwa yang sudah menerima selebihnya akan dilanjutkan pada Jumat dan Sabtu.

‘Dalam tahap pertama ini, Pak Melki menyumbang 1.200 paket dimana kami sudah mendistribusikan 1.200 paket. Sisanya akan diserahkan kepada warga korban, Jumat dan Sabtu. Selaian ada 169 orang yang mengungsi di Kantor Kopdit Ankara, juga pada sejumlah titik pengungsian di rumah-rumah warga di seluruh kota Lewoleba. Mereka sangat berterimakasih kepada Pak Mekeng atas sumbangan yang sudah mereka terima,’ ungkap Yongki yang juga Ketua Kopdit Ankara.

Penyerahan bantuan dari Melki Mekeng di lokasi pengungsian Markus Arakian (Foto: YW)

Sementara itu, salah satu penerima bantuan asal Desa Kolontobo, Kecamtan Ile Ape, Markus Arakian yang besama sekira 40-an orang mengungsi di lokasi pembuatan batu bata merah di dalam sebuah pondok kecil dan selebihnya di tenda darurat yang mereka pasang. Dia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Mekeng, karena bantuan yang mereka terima sangat membantu mereka mengatasi kesulitan hari-hari ini.

‘Kami sangat berterima kasih atas bantuan dari Pak Melki pada saat kami merasa kurang diperhatikan. Karena sejak kami ada di lokasi pengungsian, kami baru mendapatkan bantuan dari pihak-pihak swasta, ada kelompok gereja, komunitas mahasiswa dan terakhir dari Pak Mekeng ini. Kami sangat berterima kasih dan mendoakan semoga beliau selalu diberkati Tuhan,’ ucap Markus.

‘Jumlah bantuan yang diedarkan pasti tidak cukup menjangkau semua korban, semoga dapat membantu dan semakin banyak orang dan lembaga yang terlibat untuk bersama kita ringankan beban saudara-saudara kita,” ujar Melki. (MarloKR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *